Breaking News
Loading...
Wednesday, October 8, 2014

Info Post
Resep Tempe Bacem Ala Jogja | Tempe menjadi sumber protein yang bisa di konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dari tubuh kita. Tempe sangat mudah untuk diperoleh, karena tempe banyak terdapat di pasar – pasar ataupun di tempat orang berjualan sayur. Harganya relatif terjangkau untuk anda, karena tidak akan menguras kantong anda. Tempe merupakan jenis dari makanan yang sederhana dan banyak disukai orang terutamanya anak – anak. Banyak olahan tempe yang bisa dijadikan alternatif untuk memasak, salah satunya adalah tempe bacem. Bacem disini merupakan menu olahan yang bersumber dari Jawa Tengah dengan kekhasannya menggunakanbumbu dari gula merah sehingga memunculkan citarasa yang manis. Selain ayam, tempe juga bisa dibacem, berikut saya sajikan beberapa cara untuk melakukan pengolahan tempe bacem :

Resep Tempe Bacem Ala Jogja
Harus ada persiapan bahan terlebih dahulu, diantaranya yaitu 1 buah papan tempe, 1 batang serai yang dimemarkan, ½ air kelapa agar rasanya gurih, ½ sdt asam jawa, 1 ruas lengkuas yang dimemarkan, 2 lembar daun salam. Sedangkan untuk bumbunya yaitu 3 sdm gula merah, 2 butir kemiri, 4 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar, 4 butir bawang merah, dan 1 sdt garam. Adapun cara untuk mengolahnya yaitu ½ liter air kelapa dimasukkan wajan, kemudian bumbu- bumbu yang sudah dihaluskan terdiri dari lengkuas, asam jawa,serai, dan daun salam  dimasukkan bersamaan diaduk terus supaya merata. Apabila air kelapa dan bumbu telah bercampur, maka tempe yang sudah diiris di dalamnya dimasukkan, kemudian sesekali lakukan pengadukan dan diamkan sampai air kelapa jadi menyusut serta habis supaya bumbunya terserap. Lakukan penggorengan apabila ingin menyantapnya segera namun jika belum ingin menyantapnya maka harus disimpan di dalam sebuah wadah yang tertutup dan simpanlah di lemari pendingin.

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan pengolahan tempe bacem dari artikel yang saya tulis ini,  semoga dapat membantu anda dalam memilih menu hidangan yang penuh kenikmatan dari bahan tempe yang murah meriah dan bisa anda nikmati bersama keluarga. Sebaiknya anda juga mencari beberapa referensi lain pada teman ataupun google. SELAMAT MENCOBA!!

0 komentar:

Post a Comment