Breaking News
Loading...
Sunday, October 12, 2014

Info Post
Cara Membuat Es Krim Rujak | Rujak buah adalah makanan tradisional yang sebagian besar bahannya adalah macam-macam buah seperti buah mangga, melon, pepaya, apel, kedongdong, dan buah segar lainnya. Buah tersebut kemudian disiram dengan bumbu ulek yang terbuat dari gula jawa dan bahan pelengkap lainnya. Jika anda sering membuat rujak buah di rumah itu adalah hal yang sudah biasa. Anda harus mencoba kreasi baru dengan membuat es krim rujak. Makanan satu ini memang tidak dijual di toko-toko atau di kedai es krim sekalipun, namun anda harus membuatnya sendiri di rumah. Mungkin bagi anda terdengar aneh, tapi secara logika apabila buah yang segar dipadukan dengan es krim maka rasanya akan sangat enak dan makin segar. Untuk membuat es krim rujak berikut ini langkah-langkah yang harus anda simak.


Cara Membuat Es Krim Rujak
Untuk membuat es krim rujak anda harus menyiapkan beberapa macam buah diantaranya, 300 gr mangga muda yang sudah dikupas dan diiris-iris menyerupai bentuk korek api, 300 gr kedongdong kupas dan potong bentuk korek api, 300 mentimun yang diserut kasar, 200 gr ubi merah kupas yang diserut kasar, 300 gr nanas kupas dan potong kecil-kecil, 300 ml air putih, 200 gr gula jawa yang disisir kasar, 50 gr asam jawa dan larutkan dengan 100 ml air, 3 buah cabe rawit yang dihaluskan, 2 buah cabai merah keriting yang dihaluskan, ¼ sendok teh garam, 500 ml es puter rasa kelapa atau kopyor, dan 100 gr kacang tanah sangrai dan cincang kasar.

Setelah semua bahan sudah lengkap, langkah pertama untuk membuatnya adalah mecampurkan semua buah yang sudah anda siapkan dan letakkan dalam mangkuk besar kemudian simpan dalam lemari es. Sementara buah didinginkan anda membuat kuah rujaknya dengan cara merebus air, gula jawa, asam jawa, cabe rawit, cabe keriting, dan garam dalam panci aduk-aduk sampai mendidih. Lalu angkat kemudian saring dan diamkan sejenak sampai kuah rujak dingin. Setelah kuah dingin campurkan dengan buah, dan sajikan dengan gelas lalu tambahkan es puter di atasnya dan taburi dengan kacang tanah secukupnya. Resep ini untuk porsi 6 gelas. 

Seperti itulah langkah-langkah membuat es krim rujak yang sangat mudah dan prosesnya juga cepat. Buatlah es krim rujak ini di rumah bagi anda yang penasaran dengan rasa dan kesegarannya. 

0 komentar:

Post a Comment